Ilmu BLUD SMKN 2 Malang “Ditularkan” pada MKKS SMK Provinsi Lampung

Jurnalis: Ning Tyas Asih

Kepala SMK Negeri 2 Malang, Drs. Hari Mulyono, M.T. dan tim BLUD sekolah “membedah” suka duka menjadi SMK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dihadapan rombongan MKKS SMK Provinsi Lampung pada Senin (25/10) di Hall Student Center Pertamina SMK Negeri 2. Sebagai salah satu dari 20 SMK di Provinsi Jawa Timur yang diajukan sebagai SMK BLUD, SMK Negeri 2 Malang dengan penuh keterbukaan menyampaikan ilmu BLUD di hadapan rombongan MKKS SMK Provinsi Lampung yang sedang dalam proses diusulkan menjadi sekolah BLUD.

“Kami siap untuk diskusi dan transfer ilmu jika sekolah bapak ibu mengusulkan  menjadi sekolah BLUD.” ujar kepala SMKN 2 Malang yang disambut tepuk tangan rombongan yang pada hari itu berbatik kuning cerah.

“Senangnya BLUD itu , kalau sekolah Bapak Ibu berkarya  menghasilkan uang, uangnya tidak dikembalikan ke kas negara, tetapi masih Bapak Ibu putar untuk kepentingan proses pembelajaran, pembenahan sarana prasarana, operasional, pengembangan SDM. Hal ini berbeda dengan sekolah yang tidak BLUD. “ lanjut ketua MKKS kota Malang dan sekertaris Wilayah Kerja (Wilker) III itu.

“Enaknya lagi ada bantuan dari provinsi. Sementara dukanya setiap bulan harus melakukan koordinasi dengan provinsi. Dan setiap tahun pasti kedatangan tamu baik dari Dirjen maupun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “

Sebelumnya kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota Malang dan Kota Batu, Dr. Ema Sumiarti, M.Si. dalam sambutan penerimaanya menyampaikan bahwa menjadi sebuah SMK BLUD harus siap baik dalam hal sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, Teaching Factory (TEFA), juga siap jika mendapat kunjungan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 

Pertanyaan demi pertanyaan dengan antusias diajukan rombongan ketika sesi sharing pengalaman disampaikan baik oleh tim BLUD maupun bendahara BLUD  sekolah bidang penerimaan dan pengeluaran. Acara studi banding MKKS Provinsi Lampung ke SMKN 2 Malang diakhiri  dengan kegiatan peninjauan Teaching Factory (TEFA) SMKN 2 Malang baik Edotel, Tempat Sosialisasi Anak (TSA), maupun KADOea hotel.