Peresmian KADOEA Senior Living Para Tamu Disuguhi Tampilan Menarik

Jurnalis : Ning Tyas Asih

Rabu, 24 November 2021 menjadi tanggal bersejarah bagi SMK Negeri 2 Malang. KADOEA Senior Living By Rukun sebagai hotel lansia pertama di kota Malang diresmikan oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Direktorat Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI, Saryadi, S.T., M.B.A.

“ Saya menyampaikan selamat dan apresiasi kepada SMK Negeri 2 Malang dengan peresmian KADOEA Senior Living. Tentunya ini adalah suatu aktivitas yang dapat mendukung terwujudnya tujuan SMK Pusat Keunggulan.” ucap Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Direktorat Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI dalam sambutannya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T., yang berkesempatan hadir di Hall Student Center Pertamina SMK Negeri 2 Malang juga menyampaikan apresiasi kepada SMK Negeri 2 Malang karena banyak status yang disandang. Mulai dari  SMK Center Of Excellence (COE) atau  SMK Pusat Keunggulan, SMK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan satu-satunya SMK di Jawa Timur yang masih ada kompetensi keahlian Pelayanan Sosial. Apresiasi juga disampaikan kepada SMK Negeri 2 Malang yang telah menjalin kerja sama dengan Belanda.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Chef Pipiet Fardiman dan Mr. Marcel Arjan Jonkman yang pada hari ini ke Malang. Saya harap  pada masa mendatang akan sering ke Malang untuk menjalin kerja sama dengan kota Malang Jawa Timur. Karena saya yakin Malang dan Belanda ini adalah Saudara.”

Lebih lanjut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang pada tahun 2018 pernah menjabat sebagai wali Kota Malang menyampaikan bahwa di era globalisasi pembelajaran di SMK tidak cukup dengan standar lokal dan nasional, tapi harus berstandar global.

Di sela-sela acara kegiatan,  fashion show dari TSA Samuphahita SMK Negeri 2 Malang mengundang perhatian para tamu undangan. Para balita dengan berpakaian batik dituntun bunda pendamping berlenggak-lenggok  lucu di atas panggung.

Seusai acara sambutan  proses penandatanganan prasasti peresmian KADOEA Senior Living By Rukun pun dilakukan oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Direktorat Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI,  Saryadi, S.T., M.B.A., dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T. Acara dilanjutkan dengan serangkaian penandatanganan piagam kerja sama diantaranya yaitu kerja sama Lounching Kelas Industri Rukun Senior Living, kerja sama antara SMK Negeri 2 Malang dengan Pipiet’s Home Kitchen (Amsterdam – Belanda) dan kerja sama antara SMK Negeri 2 Malang dengan Media Grup Le’Marss (Amsterdam – Belanda).

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai simbol dibukanya KADOEA Senior Living By Rukun oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Direktorat Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI,  Saryadi, S.T., M.B.A., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T., didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu Dr. Dra. Ema Sumiarti, M.Si dan Kepala SMK Negeri 2 Malang. Memasuki KADOEA Senior Living By Rukun para tamu disambut caregiver yang menjelaskan tentang hotel lansia. Seusai dari hotel lansia para tamu melanjutkan peninjauan ke kampung Jepang “Seiko Mirai Kyampu”. Nuansa Jepang sudah mulai tampak dari pintu masuk yang bergambar bunga Sakura. Dua siswi berpakaian kimono menyambut para tamu dengan bahasa Jepang. Selanjutnya atraksi tari yang ditampilkan puluhan siswa berpakaian nelayan Jepang membuat decak kagum para tamu. Seusai melewati kampung Jepang peninjauan dilanjutkan ke laboratorium Tata Boga. Chef Pipiet Fardiman sebagai Ambassador ROCVA dari Amsterdam Belanda beserta para guru dan siswa program kompetensi keahlian kuliner menampilkan international Bazar Culinary. Kue-kue khas Belanda yang diajarkan Chef Pipiet ditampilkan diantaranya Holland Kroket, Jan Hagel, Sweet Bread dan Citroen Meringue Gebak. Stand terakhir yang dikunjungi adalah Program Inklusi. Kegiatan siswa inklusi mulai dari melukis, laundry sepatu juga menjahit ditampilkan di stand ini