Informasi tentang PPDB tahun ajaran 2022/2023 SMKN 2 Malang dapat di Lihat disini

Dua Hari Kadoea Bekali Caregiver Ilmu Pelayanan Bagi Senior

  • HUMAS SMKN 2 Malang
  • 23/06/2022

Jurnalis : Ning Tyas Asih

            Serba-serbi pelayanan kepada senior (lansia) dikupas oleh Kadoea Senior Living By Rukun sebagai salah satu Teaching Factory (TEFA) SMK Negeri 2 Malang selama dua hari (20/6/2022-21/6/2022) dalam kegiatan bertajuk “Workshop Caregiver.”

            “Caregiver perlu memaklumi dan memahami perasaan senior!” demikian ucap Leonard Fandi Meba, S.Kep - salah satu pemateri dari Rukun Senior Bogor - di hadapan sekitar kurang lebih 40 peserta workshop di hall Edotel SMK Negeri 2 Malang. Tips-tips menghadapi senior baik secara umum, yang sudah berkurang pendengaran maupun yang total care juga disampaikan pemateri yang sudah beberapa kali hadir di SMK Negeri 2 Malang ini.

            “Kalau adik-adik tahu 4S yaitu senyum, salam, sapa dan santun, maka caregiver harus punya 100S yaitu senyum, salam, sapa, santun, sabar, sabar, sabar, sabar, sabar...berkali kali sabar!” papar Mas fandi panggilan pemateri yang pada hari itu menggenakan batik lengan panjang beruansa merah sambil tersenyum.  

            Sementara itu Mavi Ariani, S.Pd selaku pemateri mencegah terjadinya pelecehan sosial memaparkan perlunya sikap profesional bagi caregiver.

            “Untuk urusan caregiver, Anda harus profesional. Jaga sikap! Lembut tapi juga harus tegas!” papar guru mata pelajaran Sejarah yang juga merupakan devisi Residence di Kadoea Senior Living By Rukun. Berbagai contoh tindakan yang seharusnya dilakukan maupun tidak ketika bertugas sebagai caregiver juga dipaparkan selama kurang lebih 2 jam.

            Sharing dan berbagi pengalaman selama melakukan tugas pelayanan memjadi sesi menarik seusai pemaparan materi. Salah satu peserta dari Griya Lansia Wajak-sebuah lembaga pelayanan sosial bagi masyarakat terlantar- memaparkan jika memandikan 80 lansia saat bertugas.

            “Kami memandikan mulai pukul 6 pagi sampai 12 siang!”

            “Dari 80 lansia itu, 25 sudah total care!” paparnya.

            Berbagai pertanyaan pun muncul dari peserta dan juga pemateri terkait dengan kegiatan melayani lansia yang tidak memiliki keluarga dan tempat tinggal.

            Tidak hanya sajian teoritis saja yang disampaikan dalam workshop selama dua hari yang diikuti oleh para calon caregiver, tenaga caregiver, tenaga kependidikan, tenaga posyandu lansia dan alumni SMK jurusan assisten keperawatan dan pekerja sosial ini. Praktik kepada senior seperti basic medical chekck up, tanda-tanda vital (TTV), mobilisasi juga kebutuhan dasar manusia (KDM) juga dilakukan untuk membekali para caregiver. Para peserta dengan antusias mengikuti kegiatan praktik yang dilakukan baik di hall edotel maupun Kadoea Senior Living By Rukun. Menurut Shinta Ekowati, S.ST selaku ketua panitia kegiatan kegiatan workshop yang dilakukan selama dua hari ini tidak hanya bertujuan berbagi ilmu saja tetapi juga, pengalaman dan keterampilan tentang pelayanan terhadap senior.  

Bagikan :
Berikan Komentar :

Pencarian