Tahun 2022 684 Peserta Didik Baru SMK Negeri 2 Malang Mengikuti MPLS Secara Luring

  • HUMAS SMKN 2 Malang
  • 21/07/2022

Jurnalis : Atmi Utami Dewi

Memasuki tahun pelajaran 2022/2023, SMK Negeri 2 Malang menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sebanyak 684 peserta didik baru terlibat aktif dalam kegiatan ini. Pelaksanaan MPLS dimulai pada hari Senin, 18 Juli 2022 sampai dengan Kamis, 21 Juli 2022. Selama 4 haritersebut, peserta didik baru mendapatkan berbagai materi termasuk gerakan anti narkoba, penguatan karakter, dan anti bullying.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan MPLS di SMK Negeri 2 Malang tahun 2022 dilakukan secara tatap muka (luring). Penyelenggaraan MPLS secara tatap muka ini membuat interaksi antara peserta didik baru dan warga sekolah menjadi lebih erat. Selain itu menurut Nina Siti Musa’adah, S.Pd., wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, penyelenggaraan MPLS secara tatap muka memungkinkan guru untuk melihat kompetensi peserta didik baru secara lebih jelas.

Sesuai dengan pedoman pelaksanaan MPLS SMK Provinsi Jawa Timur tahun 2022/2023, SMK Negeri 2 Malang menekankan kegiatan MPLS pada penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sebagai contoh tugas penguatan Profil Pelajar Pancasila, peserta didik baru secara mandiri diberikan tugas untuk menulis harapan setelah menjadi siswa SMK Negeri 2 Malang.

Tema yang dipilih untuk MPLS tahun ini adalah Satria in the Lost Padma. Secara keseluruhan makna dari tema tersebut adalah perjalanan seorang Satria yang sedang mencari Padma yang telah hilang. “Padma” sendiri menggambarkan budaya sekolah, proses pembelajaran, dan kegiatan sekolah lainnya yang telah lama hilang karena pandemi COVID-19.

Pada MPLS tahun 2022 SMK Negeri 2 Malang mendatangkan narasumber dari BNN yaitu Susilo yang memberikan materi mengenai Anti Narkoba, Ciliwung Camp yang memberikan materi Caracter Building, Koordinator Bimbingan Konseling, Ihdanul yang memberikan materi Anti Bullying, serta Kepala Kompetensi Keahlian yang memberikan pengenalan mengenai masing-masing kompetensi keahlian. Kegiatan MPLS ditutup dengan pengenalan dan penjaringan ekstra kurikuler. Dengan adanya MPLS ini peserta didik baru diharapkan dapat mengenal lingkungan sekolah termasuk mengenai profil sekolah, program-program yang ada di sekolah, kebijakan sekolah, serta yang tidak kalah penting adalah memperkenalkan Bapak dan Ibu guru yang akan menemani mereka selama 3 tahun ke depan di SMK Negeri 2 Malang.

Bagikan :
    Komentar :
  • img
    masyitah ld
    21/07/2022 13:41

    SMK Negeri 2 Malang istimewa..

    img
    Ipong tegar
    21/07/2022 13:37

    Keren

    img
    Evi
    21/07/2022 13:32

    Semangat, hebat

Berikan Komentar :

Pencarian