Siswa Inklusi SMK Negeri 2 Malang Program Keahlian Perhotelan Praktek Kerja Industri (PKL) di Grand Mercure Hotel Mirama Malang

  • HUMAS SMKN 2 Malang
  • 31/07/2022

Jurnalis: Yeti Dian Anggraini

Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Keahlian Perhotelan tahun ajaran 2021-2022 dilaksanakan mulai bulan Januari s.d Juni 2022, dengan total jumlah siswa kelas XI sebanyak 106 siswa yang tersebar pada 38 lokasi industri hotel di Malang raya, Batu dan Surabaya.

Sebelum melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sejumlah 106 siswa melakukan proses seleksi penempatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, kecuali 10 siswa kelas XI yang berkebutuhan khusus/inklusi.  Siswa inklusi biasanya ditempatkan di edoTEL SMK Negeri 2 Malang, dengan pertimbangan karena keistimewaan dan keterbatasan dalam hal kemampuan dan keterampilan. Siswa-siswa tersebut ditempatkan di dibagian Laundry dan Housekeeping dengan tetap adanya pendampingan dari guru pembimbing inklusi.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ajaran 2022 ini, ada salah satu hotel bintang lima di Kota Malang yang memberikan kesempatan kepada siswa berkebutuhan khusus/inklusi untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di hotel tersebut, yaitu hotel Grand Mercure Mirama Malang.

Hotel Grand Mercure Mirama Malang merupakan hotel bintang lima yang berada di Jl. Raden Panji Suryo No. 7 Purwodadi Kec. Blimbling Kota Malang dimana hotel tersebut memiliki kebijakan memberikan kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk dapat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dibagian housekeeping-florist.

Siswa berkebutuhan khusus yang melaksanakan PKL di Hotel Grand Mercure Mirama Malang tersebut adalah Keysha Nurul Larasati. Terpilihnya Keisya sebagai siswa PKL di Hotel Grand Mercure adalah dengan banyaknya pertimbangan, antara lain karena siswa tersebut dapat bersosialisasi dengan baik, mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan lancar, motorik halusnya berfungsi dengan baik, sehingga dapat dikatakan siswa tersebut telah memenuhi kreteria untuk dapat praktek kerja lapangan (PKL) diluar, proses pembimbingan serta seleksi ini tidak lepas dari peran Eli Ermawati, S. Pd. selaku Guru Pendamping Khusus ( GPK ) SMK Negeri 2 Malang.

Keysha Nurul Larasati sebelum melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) tidak berbeda dengan siswa normal lainya yaitu tetap mengikuti tahap seleksi dengan Human Resourch Departemen (HRD) hotel Grand Mercure Mirama Malang dalam bentuk wawancara dan perintah kerja dan hasilnya lolos seleksi sehingga Keysha nurul larasati bisa melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) di bagian housekeeping-florist hotel Grand Mercure Mirama Malang

Proses pembimbingan siswa PKL dilakukan dengan kolaborasi antara pihak industry dan sekolah dimana pihak  industry, yaitu hotel Grand Mercure Mirama Malang membimbing dan membina siswa selama berada di hotel dan melaporkan hasil bimbingan dan kinerja siswa kepada pembimbing internal sekolah taklepas pula dari peran Tri Haryanti, S.S sebagai  pembimbing PKL SMK Negeri 2 Malang. 

Bagikan :
Berikan Komentar :

Pencarian