Barista Malang Meracik Kopi dan Mocktail di SMK Negeri 2 Malang dalam Rangka Guru Tamu pada Program Keahlian Kuliner

  • HUMAS SMKN 2 Malang
  • 14/09/2022

Jurnalis: Erwin Mulyo Pambudi

Guru tamu hadir dan memberikan pengalaman serta ilmu dalam dunia kopi dan meracik minuman non-alkohol (mocktail) di SMK Negeri 2 Malang pada program keahlian kuliner. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa kelas XI kuliner. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi peserta didik dalam dunia kuliner terutama pada kemampuan meracik kopi dan minuman serta memberikan pengetahuan pada peserta didik terkait hiasan atau sentuhan akhir minuman (garnish).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian kegiatan dibuka oleh pewara, Lutfiyah Afidah, S.Pd., dengan salam dan penghormatan. Kegiatan yang berlangsung di Hall Student Center Pertamina SMK Negeri 2 Malang pada hari Kamis (08/08) ini dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Zulqoidah, S.Kom., Ketua Program Keahlian Kuliner, Maulina Idami Alin, S.Pd., dan Dewan Guru Produktif Kuliner.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di program keahlian kuliner khususnya kelas XI kuliner, diharapkan ilmu yang diberikan oleh narasumber nantinya dapat diserap dan diaplikasikan pada saat bekerja nantinya, terakhir diharapkan seluruh peserta kegiatan dapat menularkan ilmu yang didapat kepada teman-teman program keahlian kuliner” ungkap Maulina Idami Alin dalam sambutannya.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Zulqoidah dalam sambutannya mengatakan bahwa disekolah tidak hanya mata pelajaran formal, tetapi juga ada mata pelajaran produktif, jadi jika terdapat ilmu baru seperti ini diharapkan siswa dapat menyerap dan mengaplikasikannya dalam dunia kerja. Harapan lainnya juga disampaikan kalua siswa kelas XI kuliner harus lebih hebat dan kompeten di bidang kuliner. Sekolah juga selalu respon dalam setiap kegiatan yang mendukung proses pembelajaran salah satunya adalah mendatangkan guru tamu.

Pada kesempatan tersebut dimoderatori oleh Nenie Dahniar, dengan semangat mengajak siswa kelas XI kuliner untuk ice breaking agar lebih segar dalam menerima materi nantinya. Narasumber pada kesempatan ini adalah seorang usahawan muda, dan seorang dosen serta seorang barista di Oppa Coffee, beliau adalah Ega Herdhianta, A.Md., Par.S.E. Pada opening speech beliau mengatakan bahwa knowledge/pengetahuan tentang biji kopi tidak hanya tentang bagaimana menyeduh kopi saja, tetapi harus tahu juga seluk beluk kopi tersebut dan apa saja olahan yang bisa tersaji istimewa dari biji kopi tersebut. Dalam kesempatan ini pula, pemilik kedai kopi ini akan mendemonstrasikan bagaimana proses membuat cold brew serta nantinya peserta didik akan diajak untuk praktik dalam pembuatan olahan kopi dan minuman non alkohol (mocktail).

Pria dengan sapaan Mas Ega ini akan menunjukkan atau mendemonstrasikan membuat aneka minuman, salah satunya adalah membuat nitro coffee. Quotes beliau untuk peserta didik kelas XI kuliner adalah “be a good barista, with great attitude”. Pria lulusan Universitas Merdeka ini mengatakan bahwa untuk menjadi barista yang baik, maka setiap barista harus memiliki sikap (attitude), respon cepat dan grooming atau personality yang baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik membuat olahan kopi yaitu nitro coffee dan cold brew,  dan aneka minuman non-alkohol (mocktail). Perwakilan peserta didik diberi kesempatan untuk bersama narasumber meracik kopi dan membuat aneka minuman non alkohol. Antusias peserta didik juga terlihat dari sesi tanya jawab bersama narasumber, mereka saling bertukar pengalaman di bidang kuliner. Diakhir kegiatan dilakukan berfoto bersama antara narasumber, guru produktif kuliner dan peserta didik kelas XI kuliner 1, XI kuliner 2, dan XI kuliner 3.

Bagikan :
Komentar :
  • img
    Evi kh
    15/09/2022 21:27

    Siip ...barista K2 ayook

Berikan Komentar :

Pencarian