Latte Art, Manual Brew Coffee dan Shakerato di the Sky Rooftop Rayz UMM Hotel Malang dalam Rangka Guru Tamu Program Keahlian Perhotelan SMK Negeri 2 Malang

  • HUMAS SMKN 2 Malang
  • 16/11/2022

Jurnalis: Yeti Dian Anggraini

Senin s.d. Rabu (07-09/11/2022) bertempat di Rayz Hotel UMM Malang, Jalan Raya Sengkaling 1, Jetis Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, tepatnya di Restoran Sky Rooftop lantai 11, sejumlah 96 peserta didik kelas XII yang berasal dari kompetensi keahlian Perhotelan melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi mata pelajaran Food and Beverage Service dengan materi pembuatan Latte Art, Coffee Manual Brew, and Coffee Shakerato. Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik dapat mengetahui dan memahami proses pembuatan berbagai macam jenis minuman berbahan dasar kopi.

Kegiatan yang diikuti oleh Ketua Kompetensi Keahlian Perhotelan, Guru Produktif Perhotelan, Wali Kelas XII PHT 1 – 3, dan seluruh siswa kelas XII Perhotelan ini dilaksanakan selama 3 hari secara bergiliran dengan pembagian kelompok sesuai kelasnya yaitu XII PHT 1, XII PHT 2, dan XII PHT 3, kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan dan keselamatan kerja.

Acara diawali dengan sambutan dari menejemen Rayz Hotel Malang yang diwakili oleh Yanuar Arifien selaku General Manager Rayz Hotel Malang, dilanjutkan dengan prosesi doa bersama diikuti oleh seluruh  peserta didik kelas XII kompetensi keahlian perhotelan,  dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ketua Kompetensi Keahlian Perhotelan Nuri Dwi Rakhmawati, SST.Par.

Sementara itu Ketua Kompetensi Keahlian Perhotelan, Nuri Dwi Rakhmawati, SST.Par., dalam sambutannya berharap kepada seluruh peserta didik kelas XII semoga kegiatan peningkatan kompetensi dengan mengundang guru tamu ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan pemahaman akan proses mengetahui dan memahami proses pembuatan berbagai macam jenis minuman berbahan dasar kopi antara lain pembuatan Latte Art, Coffee Manual Brew, and Coffee Shakerato. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan berfoto bersama.

Yanuar Arifien selaku General Manager Rayz Hotel Malang dalam sambutanya menyampaikan bahwa The Sky Rooftop Rayz UMM Hotel merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Rayz UMM Hotel Malang. Berada di lantai teratas bangunan hotel, tempat makan ini dilengkapi fasilitas area outdoor maupun indoor dengan pemandangan yang menakjubkan. Dari segi menu yang disajikan, untuk minuman, Sky Rooftop ini memiliki wedang apel sebagai ciri khasnya. Minuman ini diracik sendiri dan sekilas mirip aseman apel, terdiri dari apel yang direbus, kemudian cengkeh, kayu manis dan sedikit gula. Para pencinta kopi tampaknya tidak akan kehabisan cara untuk menikmati minuman populer ini. Hadirnya beragam hidangan kopi memberikan banyak pilihan, terutama bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan kopi hitam pekat atau black coffee. Salah satu pilihan menu yang banyak dipesan di berbagai kafe dan kedai kopi adalah coffee latte. Menu ini merupakan perpaduan antara kopi exspresso dan susu yang dapat dinikmati kapan saja, baik dalam keadaan dingin ataupun panas.

Yanuar Arifien menyampaikan manual brew coffee sering kali ditemukan pada deretan menu di toko kopi kekinian. Tak jarang, barista juga menyarankan manual brew coffee sebagai minuman kopi yang harus dicoba di kafe tersebut. Sebenarnya, apa itu manual brew coffee dan keunggulannya dibandingkan teknik kopi lain? manual brewing coffee adalah cara menyeduh kopi manual tanpa mesin khusus. Kopi yang diseduh manual ini umumnya langsung diminum setelah tiga menit pembuatan sehingga tidak disarankan memakai air mendidih 100 derajat Celsius, sebab semakin lama kopi manual brew didiamkan, rasa asam dan pahitnya akan semakin kuat sehingga terasa tidak enak. Selain air panas, kopi manual brew juga bisa dibuat menggunakan air dingin, metode ini biasa disebut cold brew. Cold brew merupakan cara menyeduh kopi dengan air dingin.

Ada pula shakerato yang jadi menu khas Sky Rooftop dari Italia. Uniknya, minuman ini sekilas rasanya mirip dengan kopi Malang. Hanya saja, ada tambahan rasa lainnya sehingga tamu nantinya hanya perlu mengocok minuman itu saat mencicipi. terang Yanuar

 Kegiatan praktik minuman berbahan dasar kopi antara lain pembuatan Latte Art, Coffee Manual Brew, and Coffee Shakerato dilaksanakan di The Sky Rooftop Rayz UMM Hotel dan didampingi oleh para staf restoran handal dari Rayz UMM Hotel. Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan Latte Art, Coffee Manual Brew, and Coffee Shakerato secara bergiliran oleh peserta didik kelas XII dengan didampingi oleh staf dari Rayz Hotel UMM Malang. Para peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan praktik tersebut serta tidak lupa tetap memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan kerja.

Bagikan :
Komentar :
Berikan Komentar :

Pencarian