Jurnalis : Indah Trisyanti, S.Pd (Guru Bahasa Inggris dan Tim Kurikulum SMKN 2 Malang)
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mengerjakan suatu proyek yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan . Adapun kelebihannya yaitu: Keterampilan yang dimiliki mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik
Cara terbaik bagi siswa untuk belajar, adalah belajar sambil mengerjakan project nyata. Tantangan riil dari pasar/industri masuk ke dalam ruang pembelajaran. Project tersebut adalah pesanan/order dari konsumen. Di ujung proses PBL, hasil pembelajaran siswa harus berwujud produk nyata, yang sesuai keinginan/pesanan konsumen.
SMK Negeri 2 Malang menerapkan Pembelajaran PJBL menyatukan satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya, dikolaborasikan dengan project yang relevan dengan seluruh mata pelajaran. Inilah perubahan besar dan sangat mendasar, yang didorong oleh implementasi KM.
Dari paparan diatas, pola PJBL jelas akan mendorong semua guru untuk berubah dan berinovasi. Pertama, PBL mendorong guru untuk saling berkolaborasi dengan skema Team Teaching. Kedua, pola PBL menghilangkan sekat-sekat antar mata pelajaran, yaitu masing-masing pengajar mengelola pembelajaran sendiri-sendiri tanpa upaya saling menyesuaikan satu dengan lainnya
Program PJBL di SMK Negeri 2 Malang di mulai dari membuat proposal project berdasarkan masalah yang ada di masyarakat melalui presentasi proposal yang terjadwal di hadapan Bapak Ibu guru pembingbing, langkah selanjutnya pelaksanaan project dilakukan mulai tanggal 4 s/d 17 nopember dilakukan di dalam sekolah dan diluar sekolah.
Dalam hal ini Kelas XI ULW melaksanakan project perencanaan dan pengelolaan wisata di luar sekolah dengan tempat yang berbeda, kelas XI ULW 1 melaksanakan perencanaan dan pengelolaan Surabaya Fun Fest Tour , kelas XI ULW 2 melaksanakan perencanaan dan pengelolaan Blitar Historical Tour dan kelas XI ULW 3 melaksanakan perencanaan dan pengelolaan Madura Marvelous Tour.
Dalam pelaksanaan project ini siswa benar benar melaksanakan project untuk keterampilan pemecahan masalah yang kompleks, berpikir kritis, kreativitas, skill me-manajemen manusia, dan kemampuan mengkoordinasikan orang lain.
Tanggapan (0 )